Unsrat Masih Kampus “Terbaik” di Sulut

  • Whatsapp
Tugu Sam Ratulangi di depan Gedung Rektorat Unsrat. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Webometrics merilis daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia, per Juli 2021. Universitas Indonesia (UI) masih menduduki rangking teratas perguruan tinggi tanah air. Urutan kedua ditempati Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sementara untuk perguruan tinggi di Sulawesi Utara, hanya Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang masuk kategori 100 besar perguruan terbaik di Indonesia. Unsrat menduduki peringkat 57.

Adapun urutan kedua di Sulut, yakni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado yang berada di rangking 173. Berikutnya ada Politeknik Negeri Manado, yang menempati peringkat 255.

Universitas Katolik De La Salle Manado berada di urutan empat di Sulut. Universitas ini dinilai Webometrics dan berada di peringkat 361 pada skala Indonesia. Posisi De La Salle diikuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sulut yang secara nasional berada di posisi 379.

Yang mengejutkan, Universitas Negeri Manado (Unima) terlempar di rangking 465 Indonesia. Sehingga untuk skala Sulawesi Utara, universitas tersebut berada di posisi enam besar.

Selanjutnya ada Universitas Teknologi Sulawesi Utara di rangking 476, Poltekkes Kemenkes Manado rangking 1.089, Universitas Nusantara Manado di urutan 1.097, dan Universitas Pembangunan Indonesia Manado ada di 1.442.

Sekadar informasi, Webometrics melakukan pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan sejumlah indikator dan metodologi. Beberapa indikator dan metodologi tersebut adalah aspek impact yang dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar.

Berikutnya adalah aspek openness, yang diukur dari jumlah file berbagai jenis (.pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx), yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Selanjutnya akses Excellence. Yaitu jumlah artikel publikasi ilmiah.

Disebutkan bahwa pemeringkatan ini untuk mempromosikan open access atas pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Dengan kata lain, pemeringkatan yang dilakukan berdasarkan situs atau website perguruan tinggi. (*)

Pos terkait