Wawali Tomohon Minta SKPD Bertanggung Jawab Atas Kerugian Daerah 2020

  • Whatsapp
Wenny Lumentut. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Sebagai bagian dari tugas pokok dan fungsi yang melekat pada Wakil Walikota yakni pengawasan. Maka Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE mengikuti kegiatan Penutupan Pemantauan tindak lanjut dan pemantauan kerugian daerah semester I tahun 2021 melalui Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Provinsi Sulut pada hari Senin (19/7/2021).

Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Bapak Karyadi, S.E., M.M., Ak., CA., CFrA., CSFA. Pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka menindaklanjuti beberapa kewajiban Pemerintah Kota Tomohon melalui perangkat daerah terkait atau pihak ketiga.

Wawali Wenny Lumentut mengatakan terkait proses penyelesaian kerugian daerah pada tahun anggaran sebelumnya, yang sesegera mungkin ditindaklanjuti.

“Oleh karena itu diingatkan kepada perangkat daerah terkait agar segera menindaklanjuti beberapa hal yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing sehingga semakin hari presentase penyelesaian semakin meningkat dan semakin berkurang beban yang dipikul,” kata WL sapaan akrabnya.

Diantaranya untuk tahun anggaran (TA) 2020 terdapat 15 temuan yang terpantau oleh BPK dan telah ditindaklanjuti sebanyak 11 dengan presentase 77,90%.

Selanjutnya untuk target solusi penyelesaian kerugian daerah dapat ditempuh melalui  monitoring setiap minggu lima hari kerja dan akan dipetakan pihak yang bertanggungjawab yakni ASN aktif, ASN tidak Aktif/pensiun/keluar. Dan kepada pihak ketiga yang masih mendapatkan pekerjaan dari Pemda akan dilakukan pemotongan tagihan dan yang sudah tidak aktif (persuasif/APH). Selanjutnya dirinya mendorong untuk mengaktifkan majelis TPTGR, membuat MoU dengan APH, target penyelesaian 2019-2020, harus mencapai 100% serta target penyelesaian dibawah 2019, harus mencapai 75%.

Wawali dalam kesempatan ini memberikan apresiasi kepada BPK Perwakilan Provinsi yang terus memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kota Tomohon Untuk menyelesaikan temuan kerugian ini.

Dirinya berharap seluruh Perangkat Daerah yang wajib menyelesaikan tunggakan ini agar proaktif dan kooperatif untuk mencapai target penyelesaian ini. Sesuai dengan arahan yang telah disampaikan BPK.

Oleh: Yaya Piri

Pos terkait