21 CPNS Tomohon Ikut Pelatihan Dasar Golongan Tiga dan Dua

  • Whatsapp
Pelatihan dasar CPNS Tomohon. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Sebanyak 21 CPNS mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III dan II, selama 51 hari kerja, dengan perincian 18 hari pembelajaran, 30 hari habituasi dan 3 hari evaluasi, Rabu (21/7/2021).

Dalam kegiatan yang dibuka secara virtual oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Drs Marhaen Royke Tumiwa MPd.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Jemmy Ringkuangan AP menjelaskan, seperti yang diamanatkan dalam undang – undang nomor 5 tahun 2014, tentang aparatur sipil negara, dengan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017, tentang manajemen pegawai negeri sipil merupakan syarat wajib dalam pengangkatan calon pegawai negeri sipil, untuk menjadi pegawai negeri sipil adalah menjalani masa prajabatan selama 1 tahun, yang didalamnya diisi dengan kegiatan pelatihan dasar atau disingkat Latsar.

“Oleh karena itu perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan dasar (Latsar) yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika pegawai negeri sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat,” jelas Ringkuangan.

Lanjutnya, saudara dinyatakan diterima sebagai cpns golongan III dan golongan II pada formasi kota Tomohon tahun 2020 berjumlah 21 orang tenaga teknis, dengan rincian golongan III berjumlah 19 orang, golongan II berjumlah 2 orang setelah melalui suatu proses seleksi yang begitu rumit dan panjang, dari ribuan peserta yang mendaftar.

“Saya berharap kalian dapat mengikuti semua materi dari para widyaiswara, baik dari pemerintah provinsi sulawesi utara maupun pemerintah kota Tomohon, sebab setiap materi yang diberikan akan dievaluasi sebagai bahan penilaian kalian,” ujarnya.

Saya memberikan apresiasi atas terlaksananya pelatihan dasar yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia daerah kota Tomohon bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia daerah provinsi sulawesi utara,” tambahnya.

Hadir secara langsung di Command Center Asisten Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi, M.A.P., Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Tomohon Josias Makalew, S.Pt.

Oleh: Yaya Piri

Pos terkait