Makna Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76

  • Whatsapp

Oleh: Yaya Piri
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi Manado

MAKNA Hari Kemerdekaan bagi saya begini, kan itu kemerdekaan berasal dari kata merdeka, jadi merdeka memiliki arti bebas dari segala bentuk penindasan dan intimidasi dari satu pihak atas pihak lainnya.

Saat ini, bisa saya katakan kita ditindas oleh virus Covid-19, yang sudah hampir 1 setengah tahun berdampak dan mempengaruhi segala aspek kehidupan kita.

Karena pandemi ini, banyak masyarakat ekonomi rendah yang susah bergerak memenuhi himpitan ekonomi, ada yang di PHK dari tempat kerja ada yang dirumahkan, juga banyak usaha-usaha yang omsetnya menurun bahkan bangkrut akibat pandemi, dan begitu banyak kegiatan kita terganggu akibat pemberlakuan PPKM karena Covid-19.

Saya rasa masyarakat saat ini mulai resah, lelah dan jenuh dengan kondisi saat ini. Disini masyarakat dituntut untuk survive dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hari ini adalah Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun. Momentum ini seharusnya mengingatkan kita, bahwasanya kita harus gairakan semangat kemerdekaan dan bangkit dari pandemi yang selama ini membuat kita dilema.

Apalagi untuk kawula muda, penerus tongkat estafet Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pesan saya untuk pemuda-pemudi di tanah air, jangan kita tergerus dengan jaman, kita harus memiliki mental baja, berani dan kreatif dalam menghadapi dunia yang semakin keras.

Lakukanlah hal-hal yang produktif serta tingkatkan kapasitas literasi kita, dan jangan mudah termakan dengan hoaks. Keluarlah dari zona nyaman yang membelenggu kita, tanggalkan hal-hal yang dapat menghalangi tujuan kita.

Intinya, tetap fokus dalam melakukan sesuatu. Yakinlah sesuatu yang kita perjuangkan, pasti hasilnya tidak akan sia-sia. Banyak hal-hal produktif yang dapat kita lalukan saat ini. Seperti mulai membangun relasi yang baik dengan banyak orang, mulai membangun usaha dari hal-hal kecil yang bisa menghasilkan, dan tetap fokus pada tujuan kita.

Ditengah pandemi saat ini, mari kita tetap menjaga persatuan bangsa, jangan mudah termakan hoax dan yang terpenting tetap jaga kesehatan. (*)