Produk Ekspor Manado Diminati Pasar Mancanegara

  • Whatsapp
Rapat virtual Andrei Angouw dan KJRI Istanbul. (Ist)

KOMUNIKASULUT.COM – Briket arang kelapa sangat disukai penikmat Sisha di Turki karena berkualitas tinggi.

Senin, 9 Agustus 2021, KJRI Istanbul bersama Walikota Manado dan Perpaki bersinergi membahas peningkatan hubungan dagang antara wilayah kerja KJRI Istanbul dengan Kota Manado melalui rapat virtual.

Pihak Konjen RI Istanbul menjelaskan bahwa KJRI Istanbul selalu berpartisipasi aktif dalam mempersiapkan promosi UMKM Indonesia. Saat ini sedang mempersiapkan partisipasi Indonesia di berbagai pameran dagang di Istanbul.

Walikota Manado, Andrei Angouw, menyambut positif kegiatan sinkronisasi ini. “Kami berharap KJRI Istanbul dapat membantu memasarkan produk-produk ekspor Manado,” jelas Andrei Angouw.

Ketua DPD Perhimpunan Pengusaha Arang Kelapa Indonesia (Perpaki) Sulut, Steven Takasiliang, mengatakan selain arang kelapa, Perpaki juga memiliki olahan selain kelapa, seperti ikan, rempah-rempah, VCO, keripik kelapa, kerajinan tangan dari bahan baku tempurung dan kopra yang juga sudah diekspor ke berbagai negara.

Menurut Steven Takasiliang yang juga seorang pengusaha export briket arang kelapa, sinergitas ini sebagai pintu masuk bagi para pelaku UMKM di Sulut secara khusus Kota Manado untuk export produk-produk unggulan Sulawesi Utara ke Istanbul Turki.

“Semoga langkah ini membawa dampak positif pada peningkatan ekonomi kerakyatan, serta membantu para pelaku usaha yang kesulitan dalam memasarkan produk,” terang Takasiliang.

Kegiatan berlangsung secara daring/zoom diikuti KJRI Istanbul, Walikota Manado Andrei Angouw, Direktorat Eropa III Kemenlu RI, Ketua Umum Perpaki, staff KJRI Istanbul, Ketua DPD Perpaki Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten dan Jabodetabek, serta staff Walikota Manado, dipandu MC Devis Pinontoan. (*)

Pos terkait